Obat Asam Urat Tradisional Atau Jamu

Obat Asam Urat Tradisional

Obat Asam Urat Tradisional dibuat dari bahan tumbuh-tumbuhan yang terdapat di lingkungan sekitar di Indonesia. Obat ini lebih dikenal masyarakat sebagai jamu yang mulai ketersediaan hingga pengolahannya pun masih dilakukan secara tradisional. Sejalan dengah perkembangan teknologi, kini jamu sudah diolah secara modern dan diproduksi massal oleh perusahaan-perusahaan obat. Istilahnya pun juga seringkali berubah dengan sebutan obat herbal.

Obat tradisional yang sifatnya hanya untuk memelihara stamina dan kesehatan tubuh masih bisa diperoleh dari penjual jamu gendong yang saat ini meskipun terbilang unik, tetapi masih bisa dijumpai di kota-kota besar di Jawa. Diantara jamu racikan sendiri yang digendong tersebut, kadang-kadang dijual pula jamu yang sudah diolah secara modern.

Penjual obat tradisional atau jamu gendong
Citra Wahidahtul Janah, mahasiswi yang membiayai kuliahnya dari menjual jamu gendong

Obat tradisional lebih mengacu pada pengertian terhadap pengolahannya yang masih dilakukan secara tradisional. Bahan-bahan obat tradisional biasanya dijual di pasar-pasar tradisional yang secara khusus menjualnya dalam keadaan kering, sedangkan untuk tumbuh-tumbuhan yang diperlukan dalam keadaan segar biasanya diperoleh dengan mencarinya di daerah pedesaan atau di tepi-tepi hutan.

Karena proses penyediaan bahannya yang sulit dilakukan, para penggemar jamu atau pengguna obat tradisional kini banyak yang beralih mengkonsumsi obat-obatan herbal atau jamu produksi pabrik. Untuk pengobatan yang terbilang penyakit berat, sebagian orang masih percaya khasiat obat tradisional hasil olahan sendiri. Jamu di kalangan tertentu masih memiliki pengaruh psikologis yang kuat untuk berbagai pengobatan penyakit yang tidak bisa disembuhkan secara medis dengan obat-obatan modern.

Obat asam urat tradisional merupakan racikan dari berbagai bahan yang resepnya merupakan warisan secara turun-temurun selama berpuluh-puluh tahun bahkan mungkin ratusan tahun. Khasiat obat tradisional atau jamu didasarkan pada bukti empiris oleh nenek moyang sejak digunakannya untuk menyembuhkan sakit mereka, beberapa ratus tahun yang lalu.

Obat tradisional atau jamu merupakan bagian kebudayaan yang tidak terpisahkan dari kehidupan masyarakat, sekaligus menjadi alternatif bagi pengobatan murah. Karena itu obat-obatan tradisional diarahkan untuk menjadi obat yang dapat diterima dalam pelayanan kesehatan formal. Kini sudah banyak dokter yang menyarankan pasien untuk menggunakan obat-obatan tradisional. Termasuk obat untuk penyakit asam urat.


Terkait artikel Obat Asam Urat Tradisional :

0 komentar:

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More