Gejala Penyakit Asam Urat Itu Biasanya Begini

Obat-obatan asam urat

Gejala penyakit asam urat akibat tingginya kadar asam urat dalam darah bisa menyerang siapa saja. Celakanya gejala penyakit ini tidak bisa diketahui secara dini, serangannya bisa terjadi secara tiba-tiba dan tidak terduga. Dari serangan tersebut biasanya baru diketahui penderita memiliki kadar asam urat yang berlebihan.

Masalahnya, banyak orang yang tidak tahu berapa tinggi kadar asam urat yang ada dalam darahnya saat ini, termasuk juga Anda. Apakah masih berada dalam ukuran normal yang menurut ketentuan WHO berkisar antara 2 - 7,5 mg/dl untuk laki-laki dan 2 - 6,5 mg/dL untuk wanita dewasa. Kecuali jika secara rutin mengontrolnya dengan pengukur kadar asam urat.

Beberapa orang bisa mencurigai jari-jari tangan yang terasa kaku sebagai tanda-tanda kadar asam urat yang mulai melampaui ambang batas, sementara orang yang lain mungkin mengalami rasa kurang nyaman pada persendiannya. Tanda-tanda itu biasanya dirasakan setelah mengkonsumsi jenis makanan yang berpurin tinggi.

Mereka lalu menghindari jenis-jenis makanan yang umumnya menjadi pantangan para penderita asam urat. Paling tidak upaya itu bisa mengendalikan kadar asam urat untuk kembali ke bawah ambang batas. Seringkali pula, beberapa hari kemudian mereka kembali mengkonsumsi makanan berpurin tinggi dan kembali berpantang manakala mulai merasakan tanda-tanda asam urat tinggi.

Tetapi kebanyakan orang, terutama yang belum pernah berada di lingkungan penderita asam urat. Mereka tidak pernah mendapat informasi dan menyaksikan langsung bagaimana beratnya penderitaan korban serangan asam urat, sehingga kurang peka dan tidak pernah curiga terhadap tanda-tanda meningkatnya kadar asam urat.

Kecenderungan untuk makan enak dan berubahnya pola makan seiring dengan meningkatnya kemampuan sosial ekonomi tanpa disadari menjadi kebiasaan untuk menumpuk asam urat. Klimaksnya pada suatu malam ketika kristal-kristal asam urat sudah mengendap terlalu banyak pada jempol jari kaki mulai mendesak masuk ke ruang persendian dan menusuk lapisan lunak sendi.

Saat itulah disebut sebagai serangan asam urat. Sang korban pun dibuat mengerang-erang kesakitan dan gelagapan mencari obat asam urat yang manjur.

Gejala penyakit asam urat itu prosesnya adalah sebagai berikut :

Terjadi pembengkakan pada sendi, paling sering terjadi pada malam di sendi ibu jari kaki disertai rasa nyeri. Penderita biasanya sampai terbangun dari tidur karena rasa nyeri tersebut terus meningkat. Padahal saat berangkat tidur dia tidak merasakan gejala apa pun yang mencurigakan dan merasa sehat-sehat saja.

Munculnya gejala penyakit asam urat

Pembengkakan tersebut semakin membesar dan meluas dari sendi jempol kaki. Selain itu di area sendi terasa panas dan berwarna kemerahan karena tertariknya kulit akibat pembengkakan tersebut. Seiring dengan itu, rasa nyeri yang semakin meningkat menjadi siksaan bagi penderita.

Gejala penyakit asam urat berupa pembengkakan

Pembengkakan yang terjadi akibat tingginya kadar asam urat dalamn darah ini selain menimbulkan rasa nyeri yang luar biasa, kadang-kadang diselingi oleh rasa gatal seolah-olah berasal dari dalam sendi. Ini merupakan “siksaan tambahan” bagi penderita, dorongan untuk menggaruk rasa gatal itu tak mungkin bisa dilakukan karena begitu menyentuh bagian yang bengkak, rasa nyerinya akan bertambah hebat.

Gejala penyakit asam urat rasa gatal pada pembengkakan

Terakhir penderita akan mengalami stress. Bukan hanya akibat tersiksa oleh rasa nyeri yang luar biasa, tetapi karena seluruh aktivitas yang direncanakannya menjadi porak poranda. Dengan rasa nyeri yang menyengat saat ujung jari kaki dimana terjadi pembengkakan itu menyentuh lantai, maka penderita harus berjalan dengan cara dipapah atau menggunakan kruk-as.

Gejala penyakit asam urat bisa membuat stress penderita

Gejala penyakit asam urat bisa saja menyerang tanpa diduga oleh penderitanya, apalagi di Indonesia penyakit ini memakan korban terbanyak kedua setelah hipertensi. Bahkan akibat paling ekstrim dari penyakit asam urat yang menahun bisa membuat penderitanya menjadi putus asa sampai bunuh diri.

Minimnya informasi dan ketidaktahuan masyarakat mengenai penyebab dan akibat tingginya kadar asam urat dalam darah merupakan faktor dominan yang menyebabkan semakin banyaknya jumlah penderita penyakit asam urat.


Terkait Gejala Penyakit Asam Urat :

0 komentar:

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More