Inilah Penyebab Penyakit Asam Urat

Sakit asam urat disebabkan banyak asupan purin tinggi

Penyebab penyakit asam urat adalah menumpuknya asam urat di dalam atau di sekeliling jaringan sendi, terutama pada sendi jempol kaki sampai membentuk kristal-kristal runcing seperti jarum. Di saat kristal-kristal tersebut bertambah banyak, maka sebagian akan mendesak dan masuk ke ruang persendian dan mengganggu lapisan lunak sendi. Akibatnya terjadilah peradangan hebat yang biasa disebut sebagai serangan penyakit asam urat.

Peristiwa itu dalam pengertian secara awam ditandai dengan pembengkakan pada jempol kaki disertai rasa nyeri yang luar biasa. Meskipun penumpukan asam urat bisa terjadi pada semua persendian, tetapi sendi jempol kaki merupakan lokasi favorit asam urat. Hal ini tentu bisa dimaklumi, efek gravitasi cenderung membuat asam urat turun, mengendap dan akhirnya mengkristal di lokasi tersebut.

Sedangkan apa yang disebut sebagai asam urat adalah salah satu zat dalam tubuh manusia yang merupakan hasil metabolisme dari purin. Meskipun dalam setiap tubuh manusia terdapat asam urat, tetapi menurut ketentuan WHO kadar asam urat memiliki batas normal yang berkisar antara 2 - 7,5 mg/dl untuk laki-laki dewasa dan untuk wanita dewasa berkisar antara 2 - 6,5 mg/dL.

Jika kadar asam urat dalam darah melebihi ukuran, maka akan terjadi peningkatan kadar asam urat dalam darah. Kondisi ini disebut sebagai hiperurisemia. Tingginya kadar asam urat dalam darah bisa disebabkan oleh banyak faktor, tetapi yang dialami oleh masyarakat modern cenderung disebabkan terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung purin tinggi.

Penyebab Penyakit Asam Urat
Waspadai makanan sehari-hari yang sederhana, murah dan enak tapi sebenarnya menyimpan purin dalam jumlah besar

Lalu apa itu purin ?

Purin adalah protein yang termasuk dalam golongan nucleoprotein. Zat ini merupakan salah satu bentuk senyawa alami yang terdapat pada berbagai jenis makanan, baik dari bahan makanan hewani maupun nabati. Hanya saja, kandungan purin setiap makanan berbeda-beda, ada yang mengandung purin tinggi, sedang dan rendah.

Jenis makanan yang memiliki purin tinggi umumnya adalah produk hewani seperti jeroan hewan : ginjal, hati, limpa, jantung dan daging merah dari sapi, kambing, dan kerbau. Termasuk juga hasil laut seperti kerang-kerangan, kepiting, ikan makarel, bahkan ikan teri yang biasa diolah dalam berbagai makanan sehari-hari memiliki purin paling tinggi.

Selain produk hewani, asupan purin tinggi bisa terjadi jika mengkonsumsi makanan dan minuman yang banyak mengandung gula, seperti berbagai jenis kue, cake dan jajanan kecil yang serba manis dan berbahan coklat. Jenis minuman beralkohol yang dikonsumsi terlalu sering juga menjadi kontributor potensial bagi penumpukan asam urat dalam darah.

Kesimpulan Penyebab Penyakit Asam Urat

Masalahnya, metabolisme dari kebiasaan mengkonsumsi jenis makanan yang berpurin tinggi juga akan menghasilkan lebih banyak asam urat, sehingga mempercepat penumpukan asam urat dalam darah yang akhirnya mengakibatkan kadar asam urat menjadi tinggi. 
Dari sinilah awal malapetaka itu dimulai dan ironisnya hal ini tak pernah diketahui dan disadari oleh para calon korban penyakit asam urat.


Artikel terkait dengan Penyebab penyakit Asam Urat :

0 komentar:

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More