Gejala Penyakit Asam Urat : Serangan di Tengah Malam

Serangan penyakit asam urat di tengah malam

Gejala penyakit asam urat (gout artritis) saat pertama kali dialami oleh penderita tidak berbeda dengan serangan pasukan lawan yang dilakukan secara mendadak pada tengah malam. Sore hari keadaan masih aman, tidak ada laporan intel tentang kemungkinan serangan dadakan dari pihak musuh, sehingga penjagaan dirasa cukup hanya dilakukan oleh satu regu prajurit.

Tidak disangka ketika seluruh pasukan sedang terlelap, serangan lawan datang secara mendadak. Tak pelak hanya dalam waktu singkat seluruh pasukan sudah dikuasai dan langsung menjadi tawanan pihak lawan. Seperti itulah kurang lebih yang dialami oleh penderita saat pertama kali merasakan gejala penyakit asam urat.

Serangan mendadak penyakit asam urat
Serangan tangah malam gejala penyakit asam urat bisa membuat penderita terbangun kesakitan

Gejala penyakit asam urat biasanya datang secara mendadak pada tengah malam saat penderita sedang tidur nyenyak. Rasa sakit yang luar biasa pada persendian, paling banyak pada sendi jempol jari kaki bisa membuat penderitanya sampai terbangun. Selanjutnya bisa diduga, penderita akan sulit untuk tidur kembali karena sibuk berupaya apa saja untuk mengurangi rasa sakit yang dideritanya.

Rasa nyeri tersebut akan semakin meningkat disertai dengan terjadinya pembengkakan pada ibu jari kaki atau bagian persendian lain. Kulit di bagian sendi tersbut akan menjadi kemerah-memerah dan terasa panas. Beberapa penderita juga mengalami demam saat terjadi pembengkakan tersebut.

Perasaan tersiksa menjadi bertambah ketika menunggu datangnya pagi hari yang menurutnya saat itu, lama sekali. Sehingga untuk berobat ke dokter pun dirasakannya harus melampaui waktu berjam-jam. Agak aneh, jarang penderita asam urat berpikiran untuk langsung ke Unit Gawat Darurat yang standby 24 jam.

Gejala umum penyakit asam urat
Serangan penyakit asam urat biasanya ditandai dengan gejala jempol kaki yang membengkak, terasa panas dan kemerah-merahan.

Seperti serangan dari pihak musuh yang dilakukan secara mendadak, pada siang hari bahkan menjelang tidur, biasanya calon penderita merasa dalam keadaan sehat dan baik-baik saja. Pada beberapa penderita, gejala penyakit asam urat moncul berupa rasa kaku pada persendian jari tangan, rasa nyeri di siku atau bagian tengah telapak kaki.

Tetapi gejala penyakit asam urat yang paling sering terjadi adalah serangan mendadak di tengah malam, meskipun serangan itu tidak mematikan, tetapi mampu melumpuhkan korban. Buktinya, pada pagi harinya korban harus berangkat ke dokter dengan cara dipapah, karena setiap ujung jari kaki dimana jempolnya membengkak, begitu tersentuh lantai akan mengakibatkan timbulnya rasa nyeri yang luar biasa.

Gejala penyakit asam urat bisa berlangsung selama 3 sampai 10 hari. Meskipun tanpa diobati sama sekali, gejala itu pelahan-lahan akan mereda. Pembengkakan yang terjadi akan kembali mengempis dan meninggalkan kulit yang mirip sisik sebagai bekas akibat terjadinya peregangan, terasa gatal dan akhirnya mengelupas.

Meskipun demikian gejala tersebut tidak boleh diabaikan, tetapi harus dilakukan antisipasi melalui pemeriksaan secara teliti penyebab terakumulasinya krital asam urat pada persendian yang sudah jadi korban. Pulihnya kondisi penderita bisa berarti pihak lawan memang sengaja mengundurkan diri untuk menyusun kekuatan dan berkonsentrasi guna melakukan serangan kedua pada sendi-sendi lainnya.


Terkait Gejala Penyakit Asam Urat :

0 komentar:

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More