Apa itu Purin Penyebab Asam Urat ?

Purin memicu tingginya kadar asam urat

Purin adalah salah satu zat yang terdapat didalam sel, baik sel yang berada dalam tubuh manusia atau sel dari berbagai bahan makanan terutama hewan dan hasil laut. Purin yang terdapat dalam makanan tersebut setelah masuk ke dalam tubuh manusia akan mengalami proses metabolisme dan berubah menjadi asam urat.

Asam urat diperlukan sebagai zat antioksidan untuk melindungi lapisan pembuluh darah. Dalam kondisi normal tubuh manusia memerlukan tambahan purin dari makanan sekitar 15 persen, sisanya diproduksi sendiri oleh tubuh, sehingga secara keseluruhan kadar asam urat dalam darah pria dewasa akan berkisar antara 2 - 7,5 mg/dl dan untuk wanita antara antara 2 - 6,5 mg/dl.

Tetapi jika kadar asam urat melampaui batas normal tersebut, maka akan timbul masalah yang dikenal sebagai hiperurisemia dengan gejala khas jempol kaki bengkak akibat kelebihan asam urat yang mengendap pada persendian dan menjadi kristal berbentuk runcing seperti jarum.

Pada dasarnya purin yang terkandung dalam bahan makanan memang secara alamiah disediakan sebagai tambahan untuk memenuhi kekurangan sekitar 15 persen dari kebutuhan normal. Terlalu sering mengonsumsi makanan yang mengandung purin tinggi beresiko menimbulkan penyakit asam urat tinggi.

Perkembangan teknologi dan kreativitas para pelaku bisnis kuliner yang berkompetisi secara ketat untuk memanjakan konsumen telah menghadirkan beragam masakan yang umumnya kaya purin. Kondisi ini dengan tidak disadari telah mengubah pola makan masyarakat menjadi sangat rentan terhadap penyakit asam urat.

Terkait dengan masalah tersebut perlu dicermati bahwa setiap makanan mengandung purin dengan prosentase yang berbeda. Pada garis besarnya bisa dibagi menjadi tiga kelompok berbeda, masing-masing dengan kadar purin yang tinggi, sedang dan rendah sebagai berikut :

01. Kelompok makanan dengan purin tinggi adalah jerohan atau bagian organ dalam hewan ternak yang meliputi limpa, hati, ginjal, otak, paru dan lain-lain. Hasil laut terutama udang, kerang, kepiting, lobster, cumi-cumi dan lain-lain. Termasuk juga hasil olahannya yang berupa abon, dendeng, sardin dan lain-lain. Makanan dan minuman yang nmerupakan hasil fermentasi juga memiliki kandungan purin cukup tinggi seperti bir, tape dan tempe.

02. Kelompok makanan dengan purin sedang adalah daging sapi, kacang-kacangan, kangkung, bayam, daun singkong, daun pepaya dan jamur.

03. Kelompok makanan dengan purin rendah adalah telur, susu, sayur-sayuran dan buah-buahan.

Makanan berpurin tinggi menyebabkan kadar asam urat tinggi
Nafsu makan sebagai naluri primitif manusia yang tak pernah berubah sejak di jaman batu sampai jaman modern.

Membatasi konsumsi makanan yang mengandung purin tinggi memang bukan hal yang mudah. Karena makanan yang mengundang selera umumnya diolah dari bahan-bahan dengan kandungan purin tinggi dan kaya protein. Di lidah terasa lezat meskipun sebenarnya tak sehat, lebih dri itu juga dibutuhkan biaya lebih mahal.

Masalahnya adalah bagaimana mentransformasikan pemahaman tentang bahaya kadar asam urat tinggi ini menjadi sikap hidup rasional. Sehingga mampu mengendalikan nafsu makan sebagai naluri primitif manusia yang sejak jaman purba terus menerus mendominasi sampai saat ini, di jaman manusia menyebut dirinya modern.


Artikel terkait Purin Penyebab Asam Urat :

0 komentar:

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More