100 Makanan Purin Tinggi Penyebab Asam Urat (3)

Lanjutan dari daftar makanan berpurin tinggi penyebab sakit asam urat

Sebanyak 100 makanan yang mengandung purin tinggi sebaiknya dijauhi, bahkan harus menjadi pantangan bagi penderita asam urat. Kandungan purin tinggi tidak selalu berada dalam makanan mewah yang berharga mahal, tapi juga terdapat dalam makanan sederhana yang sudah biasa menjadi menu sehari-hari.

Di abad pertengahan penyakit asam urat disebut sebagai penyakit para raja, karena hanya keluarga kerajaan dan kaum bangsawan bisa mengonsumsi makanan mewah yang diasumsikan sebagai makanan berharga mahal tapi menyebabkan tingginya kadar asam urat dalam darah. Kini ternyata diketahui bahwa purin yang menjadi penyebab tingginya asam urat itu juga terdapat dalam berbagai jenis makanan.

Sehingga gouty artritis bukan lagi menjadi penyakit raja, melainkan menjadi rajanya penyakit alias penyakit yang paling banyak memakan korban. Khususnya di Indonesia tercatat asam urat menjadi penyakit nomor dua tertinggi setelah hipertensi, rangking ini akan naik jika pengetahuan masyarakat terhadap makanan yang dikonsumsinya masih terbelakang. Dampaknya, selain menurunkan tingkat produktivitas juga perlu pengobatan mujarab yang membutuhkan biaya mahal untuk memulihkan ke kondisi semula.

Selama ini masih banyak yang belum tahu bahwa ikan teri misalnya, yang banyak menjadi variasi makanan sehari-hari ternyata mengandung purin yang terbilang tinggi. Begitu pula kangkung dan bayam. Padahal kebutuhan asam urat sudah diproduksi secara alamiah oleh tubuh manusia sebanyak 85 persen. Sisanya, 15 persen didapat dari asupan makanan.

Dapat dibayangkan bagaimana jika mengkonsumsi tumis kangkung dan rempeyek teri yang biasa menjadi menu sederhana sehari-hari masih ditambah dengan camilan emping melinjo. Belum lagi ketika di hari yang sama mendapat undangan makan malam, tentu saja dengan menu yang lebih mewah identik dengan purin tinggi. Hanya dalam satu hari itu saja, berapa kelebihan purin yang masuk ke dalam tubuh tanpa disadari ?

Karena itu tak pelak semakin hari penyakit yang sebelumnya hanya diderita oleh mereka yang berusia 40 tahun ke atas ini semakin ekspansif memakan korban yang berusia 30 tahun ke bawah. Daftar 100 makanan berpurin tinggi ini hendaknya bisa menambah wawasan untuk menjalani hidup sehat, karena penyakit asam urat yang disebabkan terlalu banyak mengkonsumsi purin hanya bisa ditangkal dengan pengetahuan tentang jenis makanan yang harus dijauhi, boleh dikonsumsi secara terbatas dan jenis makanan yang bebas dikonsumsi sehari-hari.

Daftar 61-70 makanan dengan purin sedang
Emping melinjo menjadi sumber purin yang potensial menaikkan asam urat, karena akan sulit berhenti saat mengkonsumsinya

Emping melinjo selain memiliki kandungan gizi berupa karbohidrat juga lemak, protein, vitamin B, serat, zat besi, dan kalsium. Tetapi kandungan terpenting yang terdapat pada biji melinjo adalah antioksidan yang tinggi. Antioksidan adalah senyawa yang dapat menetralkan radikal bebas yang dapat mengurangi peluang munculnya penyakit degeneratif dan memperlambat penuaan.

Antioksidan juga merangsang respon imum tubuh sehingga mampu menghancurkan radikal bebas, mempertahankan kelenturan pembuluh darah, mempertahankan besarnya jaringan otak dan mencegah kanker. Dengan mengkonsumsi emping melinjo yang mengandung zat aktioksidan, berarti melindungi sel-sel tubuh dari serangan radikal bebas.

Tetapi penderita asam urat justru harus menjauhi emping melinjo.Masalahnya kandungan purin sebesar 150 mg, meskipun tergolong sedang tetapi biasanya setiap kali mengkonsumsi emping melinjo akan sulit untuk berhenti. Sedangkan daun melinjo yang biasa digunakan sebagai sayuran justru mengandung purin lebih dari dua kali lipat, yakni 366 mg.

Uniknya kulit biji melinjo justru bisa menjadi penangkal asam urat. Penderita asam urat tiunggi disarankan mengkonsumsi kulit biji melinjo sebagai lauk yang populer dimasak oseng-oseng. Mengkonsumsi kulit biji melinjo secara rutin dalam waktu dua minggu sudah bisa menurunkan kadar asam urat.

Ikan Makarel yang hidup di laut lepas beberapa jenisnya juga bisa ditemukan di perairan teluk yang tak jauh dari pantai. Ikan ini memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang cukup banyak. Karena itu The American Heart Association merekomendasikan untuk makan ikan makarel setidaknya dua kali seminggu untuk menjaga kesehatan jantung.

Manfaat asam lemak omega-3 bukan hanya untuk kesehatan jantung, tetapi juga dapat meningkatkan kecerdasan otak. Seorang ibu hamil sangat disarankan mengkonsumsi ikan yang kaya omega-3 seperti halnya makarel. Ikan Makarel segar mengandung sekitar 2,2 gram asam lemak omega-3 dalam porsi 3 ons.

Selain itu kandungan nutrisi dalam ikan makarel juga memiliki banyak manfaat untuk dikonsumsi. Diantaranya adalah menurunkan hipertensi. Studi yang dipublikasikan dalam the journal Atherosclerosis pada tahun 1985 dan 1986 menyimpulkan bahwa orang yang menderita hipertensi ringan akan mengalami penurunan tekanan darah setelah rutin mengkonsumsi ikan makarel selama delapan bulan.

Ikan makarel juga bermanfaat untuk mereka yang memiliki kolesterol tinggi. Penelitian Pada tahun 1985 menunjukkan bahwa adanya hubungan positif antara konsumsi ikan makarel dan penurunan kolesterol jahat (LDL). Studi tersebut mengungkap peserta penelitian yang mengkonsumsi ikan makarel secara rutin mengalami penurunan tingkat LDL (kolesterol buruk) turun hingga 14 persen. Sedangkan untuk trigliserida turun sebesar 28 persen. Sebaliknya, HDL (kolesterol baik) meningkat sebesar 12 persen.

Makarel juga termasuk ikan yang bermanfaat untuk menambah kekuatan tulang. Ikan ini menyediakan vitamin D yang bisa menjadi sumber alternatif bagi mereka yang tingal di negara-negara dengan sinar matahari terbatas. Selain itu juga menjadi sumber Niacin. Nutrisi yang juga disebut vitamin B3 ini adalah satu dari anggota keluarga vitamin B yang berfungsi mengaktifkan proses untuk menghasilkan energi.

Disamping menjadi sumber vitamin B32, ikan makarel juga menjadi sumber vitamin B12 yang dibutuhkan enzim untuk mengaktifkan reaksi biokimia dalam tubuh. Enzim yang bergantung pada vitamin B-12 berfungsi untuk memproduksi energi, menciptakan sel-sel darah merah dan membantu sel melawan karsinogen. Manfaat Vitamin B-12 juga termasuk mengubah asam amino, homosistein, menjadi zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Jika homosistein ini dibiarkan menumpuk di dalam darah, maka akan meningkatkan risiko penyakit jantung.

Mengingat ikan makarel memiliki banyak manfaat meskipun juga memiliki kandungan purin sedang 145 mg, maka konsumsi ikan ini perlu dipertimbangkan jika dibandingkan dengan mengonsumsi makanan lain dengan kadungan purin yang sama, meskipun haeus dikonsumsi secara terbatas.

Daftar makanan penyebab asam urat tinggi
Tempe ternyata mengandung purin lebih tinggi darpada dagiug bebek

Tempe adalah makanan sehari-hari khas Indonesia dibuat dari biji kedelai yang difermentasi menggunakan beberapa jenis kapang Rhizopus, seperti Rhizopus oligosporus, Rh. oryzae, Rh. stolonifer (kapang roti), atau Rh. arrhizus. Sediaan bahan untruk fermentasi ini dalam bahasa populernya disebut sebagai "ragi tempe". Proses fermentasi ini menyebabkan setiap 100 gram tempe memiliki kandungan purin sebanyak 14 mg.

Jika dalam kedelai terdapat tiga jenis isoflavon, yaitu daidzein, glisitein, dan genistein. Maka setelah diproses menjadi tempe, di samping ketiga jenis isoflavon tersebut juga terdapat antioksidan faktor II (6,7,4-trihidroksi isoflavon) yang mempunyai sifat antioksidan lebih kuat dibandingkan dengan isoflavon dalam kedelai. Antioksidan ini disintesis pada saat terjadinya proses fermentasi kedelai menjadi tempe oleh bakteri Micrococcus luteus dan Coreyne bacterium.

Penelitian terhadap manfaat tempe pernah dilakukan di Universitas North Carolina, Amerika Serikat. Para ahli menemukan bahwa genestein dan fitoestrogen yang terdapat pada tempe ternyata dapat mencegah kanker prostat dan payudara. Selain itu karena tempe merupakan sumber antioksidan yang baik, konsumsinya dalam jumlah cukup secara teratur dapat mencegah terjadinya proses penuaan dini.

Karena memiliki kandungan protein yang sangat tinggi, jika mengonsumsi daging bebek akan membantu tubuh mendapatkan kadar protein yang sangat lengkap. Kandungan senyawa asam amino bisa membantu pertumbuhan tubuh yang lebih baik. Selain itu protein membantu meningkatkan kesehatan tubuh. Daging bebek juga mengandung bahan selenium dan seng yang sangat baik untuk menjaga metabolisme tubuh.

Daging bebek mengandung purin dalam jumlah yang tidak terlalu tinggi, 138 mg. Penderita asam urat bisa mengonsumsi daging bebek tapi tidak boleh terlalu sering dan dalam jumlah yang terbatas.

Selain mineral dan beberapa vitamin, 100 gram cumi-cumi juga memiliki kandungan protein asam amino esensial sebesar 180 mg yang lengkap dan mudah dicerna. Nutrisi ini sangat penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan membangun sel-sel dan jaringan baru. Tetapi kandungan ini hanya bisa dipertahankan apabila cumi-cumi dimasak secara benar.

Cumi-cumi juga memiliki kandungan fosfor yang tinggi sehuingga sangat baik untuk pembentukan tulang dan gigi pada anak. Kandungan lysin dalam cumi-cumi juga bisa membantu penyerapan kalsium dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam proses tumbuh kembang anak. Sementara kandungan omega-3 jenis EPA (eicosa pentaenoic acid) dan DHA (docosa hexaenoic acid) selain merupakan asam lemak esensial yang penting untuk perkembangan jaringan otak anak, juga menjadi stimulan positif dalam menguatkan daya ingat, dan bisa mengurangi gejala hiperaktif pada anak.

Kandungan asam lemak tidak jenuh ini juga cocok untuk usia dewasa karena bisa membantu menurunkan risiko terjadinya penyempitan pembuluh darah di jantung, sehingga bisa mencegah terjadinya penyakit jantung koroner, darah tinggi, dan stroke. Dengan jumlah purin sedang sebesar 135 mg. cumi-cumi bisa dikonsumsi dengan jumlah terbatas oleh penderita penyakita asam urat. Tentu saja tidak secara bersamaan dengan makanan lain yang juga memiliki purin sedang, apalagi yang berpurin tinggi.

Makanan berpurin tinggi penyebab kadar asam urat tinggi
Lobster dan scallops, daripada purinnya lebih banyak manfaatnya

Tidak berbeda dengan udang laut, Lobster memiliki kandungan protein, lemak, mineral yang lengkap dan tembaga yang sangat tinggi. Nutrisi ini sangat penting untuk menjaga sistem partumbuhan tubuh, selain itu juga untuk membantu menjaga kesehatan jantung. Namun lobster juga memiliki beberapa efek samping seperti : alergi, infeksi dari jamur, panas pada lambung, kenaikan kadar kolesterol, dan sakit kepala.

Untuk penderita penyakit asam urat, maka kandungan purin dalam lobster yang besarnya 118 mg bisa membuat kambuhnya asam urat tinggi. Hal ini disebabkan kandungan kalsium yang mempengaruhi kinerja ginjal dan peredaran darah.

Daging sapi merupakan bahan pangan yang paling banyak dikonsumsi. Daging sapi memang mengandung semua jenis nutrisi berupa vitamin dan mineral yang sangat lengkap sehingga bisa membantu meningkatkan kadar energi. Tetapi daging sapi juga mengandung purin yang bisa menyebabkan kambuhnya penyakit asam urat.

Scallop atau Kerang Kampak merupakan sumber vitamin B12 yang merupakan nutrisi penting bagi kesehatan kardiovaskular. Vitamin ini berperan dalam menjinakkan homosistein, zat kimia yang dapat merusak dinding pembuluh darah. Konsumsi vitamin B12 juga akan melindungi kolon dari risiko kanker karena mencegah terjadinya mutasi sel.

Mengonsumsi kerang scallop banyak mengandung asam lemak omega 3, magnesium, dan kalium dapat mencegah serangan stroke iskemik serta mendukung kerja sistem kardiovaskular. Konsumsi kerang yang direbus atau dipanggang akan lebih mendapatkan manfaat secara efektif dibandingkan digoreng.

Kerang dan makanan laut lainnya adalah sumber utama zat gizi mineral seperti zat besi (Fe), iodium (I), seng (Zn), selenium (Se), kalsium (Ca), fosfor (P), kalium (K), fluor (F), asam lemak omega 3 dan lain - lain. Mineral seafood lebih mudah diserap tubuh dibandingkan mineral yang berasal dari serealia dan kacang - kacangan. Hanya saja kandungan purin dalam kerang meskipun hanya 122 mg. bisa membuat kambuh sakit asam urat. Karena biasanya saat mengkonsumsi sering lupa kapan harus berhenti.

Daftar 91-100 makanan purin tinggi pemicu naiknya asam urat
Kacang tanah dianggap penyebab sakit asam urat padahal hanya mengandung purin 100 mg

Seperti halnya tempe, Tahu merupakan makanan dengan bahan dasar kedelai yang biasa menjadi konsumsi sehari-hari bagi masyarakat Indonesia. Sepotong tahu dengan berat 100 gram mengandung energi sebesar 68 kilokalori, protein 7,8 gram, karbohidrat 1,6 gram, lemak 4,6 gram, kalsium 124 miligram, fosfor 63 miligram, dan zat besi 1 miligram.

Kandungan gizi dalam tahu memiliki manfaat untuk memerangi kolesterol jahat. Karena mengandung asam lemak tak jenuh dan rendah kolesterol, tahu sangat berkhasiat untuk menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Asupan rutin protein nabati yang terkandung dalam tahu dapat membantu menurunkan kolesterol jahat tanpa menurunkan kandungan kolesterol baik yang bermanfaat bagi tubuh. Oleh karena itu, tahu merupakan panganan yang sangat aman bagi kesehatan jantung.

Dibandingkan dengan daging seperti daging sapi, tahu memiliki tingkat yang rendah asam lemak jenuh daripada kadar asam lemak tak jenuh. Tahu juga merupakan sumber lesitin dan asam linoleat yang yang baik, yaitu yang membantu metabolisme tubuh dan mengikis kolesterol yang tersimpan dalam tubuh.

Tahu juga mengandung senyawa isoflavon yang dapat membantu mengurangi resiko kanker. Isoflavon merupakan zat yang umum dijumpai pada makanan olahan kacang kedelai, zat ini merupakan jenis flavonoid yang melindungi tubuh dari racun. Berdasarkan penelitian yang dilakukan terhadap penyakit kanker, kandungan isoflavon dalam tahu tidak hanya dapat membantu mencegah kanker payudara, tetapi juga memperlambat proses penuaan pada perempuan.

Isoflavon juga sangat berkhasiat untuk menurunkan kolesterol jahat. Selain kanker, zat isoflavon (phytoestrogen) juga bagus untuk pengobatan gejala menopause karena memiliki sifat yang mirip dengan estrogen. Mengkonsumsi tahu dapat membantu wanita usia lanjut untuk mengurangi gejala-gejala menopause.

Tahu merupakan sumber kalsium dan kalium yang baik untuk memelihara kesehatan tulang. Kekurangan kalsium dapat menyebabkan osteoporosis, efek penuaan lebih cepat karena tulang rapuh dan minim pembentukan tulang baru. Setiap orang rentan terhadap efek penuaan pada beberapa hal dalam hidup mereka, tetapi efek dari penuaaan ini dapat diperlambat dengan melakukan beberapa langkah, salah satunya adalah dengan mengkonsumsi tahu.

Dibalik manfaatnya yang banyak dan kandungan purin yang terbilang sedang, yaitu 108 mg. bahaya tahu justru terletak pada cara pembuatannya, khususnya para produsen kecil yang mencampurinya dengan formalin agar tahu menjadi lebih kenyal dan lebih tahan lama sehingga apabila tidak habis dapat dijual lagi keesokannya. Hal ini memnbuat konsumen tahu harus lebih jeli untuk membedakan dan memilih tahu yang diproses secara bertanggungjawab dan tahu berformalin.

Kismis yang biasanya digunakan untuk campuran membuat roti atau kue berasal dari anggur yang dikeringkan. Meski kismis berukuran kecil, tetapi kandungan kalorinya cukup besar karena berisi gula yang tergolong tinggi. Kandungan gizi dalam kismis memiliki manfaat yang cukup banyak.

Polifenol antioksidan seperti katekin yang terkandung dalam kismis dapat berfungsi memerangi radikal bebas sehingga tidak membentuk sel-sel tumor dalam tubuh dan menyebabkan kanker usus besar. Kismis juga bisa menjadi obat anemia karena mengandung zat besi, vitamin B kompleks dan mineral lainnya yang dapat meningkatkan jumlah darah.

Zat besi dan kalsium yang banyak dikandung kismis bisa membantu untuk memelihara tulang yang kuat dan sehat. Wanita setelah menopause disarankan mengkonsumsi kismis untuk mendapatkan kalsium yang cukup agar lebih banyak mendapat pencegahan terhadap terjadinya osteoporosis.

Kacang tanah mengandung protein yang tinggi, lemak, zat besi, vitamin E dan kalsium, vitamin B kompleks dan Fosfor, vitamin A dan K, lesitin, kolin dan kalsium. Protein dalam kacang tanah jauh lebih tinggi dari daging dan telur. Karena itu kacang tanah juga dikatakan mengandung bahan yang dapat membina ketahanan tubuh dalam mencegah beberapa penyakit.

Kacang tanah berfungsi meningkatkan kemampuan pompa jantung dan menurunkan resiko penyakit jantung koroner. Bagi penderita sakit kencing manis, mengkonsumsi segenggam kacang tanah setiap hari akan dapat membantu memenuhi kekurangan zat-zat yang diperlukan tubuh.

Selain itu kacang tanah juga merupakan sumber triptofan, suatu asam amino esensial yang penting untuk produksi serotonin, yaitu bahan kimia otak yang berpengaruh dalam membentuk suasana hati. Pada saat mengalami depresi, terjadi penurunan jumlah serotonin yang dilepaskan dari sel-sel saraf di otak. Triptofan dapat meningkatkan efek antidepresan serotonin bila terdapat gejala peningkatan jumlah serotonin dalam darah.

Vitamin B3 atau niasin yang banyak terdapat dalam kacang tanah merupakan “makanan otak” yang bermanfaat untuk menjaga dan memelihara fungsi otak agar tetap normal, sehingga mengkonsumsi kacang tanah juga bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan daya ingat dan menghindari pikun di usia tua.

Hanya saja kacang tanah lebih cenderung dianggap msyarakat sebagai penyebab asam urat meskipun sesungguhnya purin yang dikandung hanya 100 mg per 100 gramnya. Jumlah ini jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan tempe yang mengandung purin 141 mg. dan sudah menjadi makanan yang biasa dikonsumsi sehari-hari.

Perbandingan lainnya adalah ikan teri kering dengan 239 mg. purin yang sering dikonsumsi sebagai rempeyek atau campuran sambal goreng dan oseng-oseng. Tidak kalah populernya adalah ca atau plecing kangkung yang mengandung purin lebih banyak, yakni 290 mg. Lebih ironis lagi ketika mengkonsumsi roti manis yang dianggap sebagai hal biasa, padahal memiliki kandungan purin terhitung paling tinggi, yakni 1260 mg.







Artikel terkait 100 Makanan Purin Tinggi Penyebab Asam Urat :

0 komentar:

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More