Obat Asam Urat Febuxostat

Obat Asam Urat Febuxostat

Febuxostat adalah alternatif lain dari Allopurinol untuk menurunkan kadar asam urat dalam darah paska pengobatan asam urat akut atau Gouty Arthritis. Obat yang diproduksi dibawah beberpa merk dagang ini telah disetujui oleh US Food and Drug Administration (FDA) untuk pengelolaan kronis hyperuricemia dari gout pada tahun 2009.

Berbeda dengan Allopurinol yang dimetabolisme ginjal, Febuxostat dimetabolisme melalui hati, mengalami konyugasi oleh glukoroniltransferase uridine difosfat dan oksidasi oleh enzim CYP dan Non-CYPP450. Karena itu Febuxostat mjemiliki keunggulan jika digunakan untuk penderita gangguan fungsi ginjal ringan tanpa melakukan penyesuaian dosis, tetapi sebelum menggunakan febuxostat, penderita harus melakukan tes fungsi hati.

Dibandingkan pemakaian Allopurinol, dosis pada pasien dengan gangguan fungsi ginjal harus diturunkan, sehingga pencapaian sasarannya menjadi kurang efektif. Hasil studi yang dilakukan Becker dkk dan dipublikasikan di New England Journal of Medicine (2005), menunjukkan bahwa pemberian Febuxostat dan Allopurinol selama satu tahun memberi hasil yaitu Febuxostat 80 mg dan 120 mg lebih efektif daripada Allopurinol 300 mg dalam menurunkan kadar asam urat hingga di bawah 6 mg/dl.

Untuk kontraindikasinya Febuxostas tidak boleh digunakan oleh penderita yang juga menggunakan obat azthioprine, mercaptopurin atau teofilin. Karena Febuxoztat menghambat metabolisme obat-obatan tersebut.

Meskipun di banyak penelitian menunjukkan bahwa penurunan kadar asam urat dalam darah dengan menggunakan Febuxostat lebih efektif dibandingkan dengan Allopurinol, tetapi harga Febuxostat lebih mahal karena tidak memiliki ketersediaan dalam bentuk generik seperti Allopurinol yang dapat dibeli di setiap apotik.


Obat Asam Urat yang Dijual di Apotik :

0 komentar:

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More