Berapa Dosis dan Harga Allopurinol ?

Berapa dosis Allopurinol yang diperlukan dan berapa harganya ?

Dosis dan harga Allopurinol merupakan suatu korelasi yang unik, sehingga obat penurun kadar asam urat ini menjadi favorit terutama bagi para penderita penyakit asam urat. Apalagi proses penurunan kadar asam urat membutuhkan waktu relatif lama, rentang waktu tersebut membuat para penderita makin hafal dengan nama obat yang dikonsumsinya setiap hari.

Allopurinol menjadi nama obat yang akrab bagi para penderita asam urat, meskipun pada saat terjadi serangan asam yang pertama dokter juga memberikan obat-obatan analgesik dan anti inflamasi untuk secepatnya memulihkan kondisi pasien dari penderitaan, terutama pada bagian tubuh yang mengalami pembengkakan, biasanya ibu jari kaki, bisa segera kembali sehat seperti sediakala.

Setelah itu baru dilakukan pengobatan untuk menurunkan kadar asam urat, dokter akan menuliskan resep obat penurun kadar asam urat dan biasanya Allopurinol menjadi alternatif pertama. Selanjutnya bukan hanya proses penurunan kadar asam urat, tetapi juga proses “pengakraban” antara Allopurinol dengan konsumennya.

Tak jarang para penderita asam urat “senior” (seringkali kambuh karena bengal, suka melanggar pantangan dokter) yang merasa cukup berpengalaman mengkonmsumsi Allopurinol menjadi sok tahu. Setiap kali bertemu dengan rekan yang kebetulan mengalami nyeri sendi direkomendasikan untuk mengkonsumsi Allopurinol.

Tentu saja ini perilaku yang salah, sebab nyeri sendi belum tentu akibat kadar asam urat tinggi. Selain itu Allopurinoil tidak bisa dikonsumsi tanpa melalui pemeriksaan medis yang akurat. Obat ini pun hanya terdapat di apotik dan hanya dijual berdasarkan resep dari dokter.

Kini dengan semakin banyaknya masyarakat yang mengalami penderita penyakit asam urat Allopurinol pun menjadi lebih populer dan makin banyak yang mengkonsumsinya. Tapi tidak berarti obat ini bisa dibeli secara bebas, karena dosis Allopurinol harus diberikan sesuai dengan tingkat kadar asam urat dalam darah pasien.

Selain untuk meminimalisir efek samping juga bertujuan agar proses penurunan kadar asam urat dapat berlangsung secara efisien selama 1 hingga 3 minggu. Dengan catatan bahwa dalam kurun waktu tersebut penderita juga harus membiasakan diri untuk mengkonsumsi makanan yang rendah atau bahkan tidak mengandung purin sama sekali.

Dosis awal untuk penderita sewasa biasanya diberikan sekali sehari sebanyak 100 mg. Untuk dosis pemeliharaan asam urat ringan 200-300 mg sehari, sedangkan untuk dosis pemeliharaan asam urat parah bisa 400-600 mg sehari. Pada beberapa kasus asam urat yang parah dokter memberikan dosis maksimal 900 mg sehari.


Berapa dosis Allopurinol yang diperlukan dan berapa harganya ?
Allopurinol diproduksi dalam bentuk generik 100 mg dan 300 mg

Dosis tersebut diberikan khusus untuk penderita asam urat, sedangkan untuk penderita hyperuricemia sekunder akibat kemoterapi, gagal jantung kongestif, pasien bedah jantung dan beberapa penyakit lain akan diberikan secara khusus berdasarkan hasil pemeriksaan dokter.

Allopurinol generik dengan Allopurinol bermerk

Pemakaian Allopurinol untuk proses penurunan kadar asam urat dari segi ekonomis bisa sangat membantu pasien. Selain mudah diiperoleh, ketersediaan Allopurinol dalam bentuk generik membuat harganya menjadi sangat murah. Jika dibandingkan harga per tablet generik Rp. 150,- sedangkan harga Allopurinol bermerk paling murah adalah tiga kali harga generik. Umumnya yang bisa dijumpai di apotik dijual dengan harga sepuluh kali lipat dari harga generik.

Untuk informasi terkini, misalnya harga Allopurinol 100 mg bisa dicek pada beberapa situs apotik online yang selalu up date harga, diantaranya adalah melalui link berikut ini


Berapa harga Allopurinol per tablet ? Berapa harga Allopurinol 100 mg ? Berapa harga Allopurinol per strip isi 10 tablet ?

Baik Allopurinol generik maupun bermerk, keduanya memiliki khasiat yang sama. Mengingat proses penurunan kadar asam urat relatif lama, secara ekonomis pilihan terhadap Allopurinol sangat membantu para penderita gout dan menjamin proses pemulihannya tak akan terkendala oleh masalah biaya.

Pemakaian Allopurinol dengan dosis yang tepat didasari oleh evaluasi dokter secara profesional, tidak hanya berdampak efisiensi pada biaya. Tetapi juga efisensi proses penurunan kadar asam urat dalam darah pasien, sehingga dalam waktu singkat paseien bisa kembali pulih untuk melanjutkan kehidupannya seperti sedia kala.



Artikel terkait Obat Asam Urat :

0 komentar:

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More