Apakah Jus Nanas Bisa Sembuhkan Asam Urat ?



Apakah jus nanas bisa menyembuhkan asam urat ? Pertanyaan ini mengemuka karena dalam beberapa tahun terakhir banyak artikel tentang manfaat jus nanas untuk menyembuhkan sakit asam urat yang dipublikasikan oleh media cetak dan elektronik.

Tentu saja, mereka yang terusik pertanyaan tersebut adalah para penderita penyakit asam urat sendiri, keluarga atau kerabat mereka yang mencoba mencari informasi lebih akurat. Selanjutnya adalah pembaca yang persendiannya mulai terasa nyeri, meskipun belum tentu disebabkan kadar asam urat mereka naik melampaui batas normal.

Seperti diketahui, buah nanas (Ananas comosus L.) merupakan salah satu buah-buahan tropis dengan banyak kandungan vitamin dan mineral yang diperlukan oleh tubuh, tidak banyak berbeda dengan buah-buahan lain. Kekhususannya, nanas adalah satu-satunya buah yang mengandung banyak bromelain.



Kandungan bromelain dalam nanas merupakan famili dari enzim proteolytik yang memiliki efek analgesik dan anti inflamasi. Karena itu pula jus nanas mempunyai efek anti-inflamasi dan analgesik atau menghambat rangsangan rasa nyeri pada persendian, apabila dibuat dengan dosis yang tepat.

Dosis tersebut bisa dimulai dengan 1 buah nanas berukuran sedang, hal ini didasarkan pertimbangan bahwa tingkat peradangan yang dialami berbeda pada setiap individu. Penambahan dosis akan meningkatkan efek tersebut sesuai dengan tingkat peradangan yang sedang dialami.

Selain itu, buah nanas yang digunakan sebagai jus dipilih dari buah yang masih segar, memiliki daging buah berwarna kuning cerah dan mengandung banyak air. Dikupas dan dicuci bersih, kemudian dipotong-potong dan diblender sampai lembut, tambahkan air sesukanya. Jika kurang manis, tambahkan gula. Lalu nikmati sebagai minuman segar.

Jadi, apakah jus nanas bisa menyembuhkan asam urat ?

Saat mengalami serangan pertama penyakit asam urat, penderita akan merasakan sakit yang hebat, umumnya pada sendi ibu jari kaki yang ditandai dengan pembengkakan sampai berwarna kemerahan-merahan dan terasa sangat nyeri. Pertolongan pertama yang dilakukan dokter adalah mengurangi rasa sakit dan peradangan dengan memberikan obat-obatan analgesik dan anti inflamasi.

Fungsi analgesik dan anti inflamasi tersebut bisa “diambilalih” oleh bromelain yang terdapat buah nanas. Tetapi penyembuhan penyakit asam urat tidak berhenti sampai disitu, dokter akan melanjutkan parawatan dengan proses penurunan kadar asam urat dalam darah pasien. Pada tahap tersebut konsumsi jus buah nenas tentunya sudah tidak relevan lagi, tetapi bisa digantikan dengan buah-buahan atau tanaman lain.

Efek analgesik dan anti inflamasi dari bromelain tidak hanya bisa mengurangi rasa sakit dan peradangan akibat kristal asam urat, tetapi juga rasa nyeri akibat rematik atau osteoartritis. Saat bromelain berada dalam lambung juga akan aktif berperan membantu mencernakan protein. Banyak perusahaan farmasi di luar negeri memproduksi bromelain dari ekstrak buah nenas, karena dinilai natural dan aman.

Bromelain yang diproduksi dari ekstrak buah nanas

Nyeri berkurang, kadar asam urat tetap tinggi

Di sisi lain, pada saat berada di dalam saluran cerna, buah nanas terfermentasi menjadi alkohol. Seperti diketahui, alkohol merupakan salah satu pantangan bagi penderita asam urat karena bisa memicu pengeluaran cairan sehingga meningkatkan kadar asam urat di dalam darah. Alkohol juga memicu enzim tertentu di dalam liver yang memecah protein dan menghasilkan lebih banyak asam urat.

Efek samping lainnya bisa dialami oleh wanita yang sedang hamil jika mengkonsumsi buah nenas yang masih muda. Beberapa kandungan pada buah nanas yang belum benar-benar matang dapat berpotensi sebagai obat yang dapat menggugurkan kandungan (abortivum)

Tetapi manfaat buah nanas lebih banyak, buah yang kaya dengan kandungan vitamin dan mineral juga bisa dimanfaatkan untuk pencegahan berbagai penyakit. Diantaranya adalah kandungan vitamin C yang bermanfaat sebagai anti oksidan sehingga dapat menangkal radikal bebas yang menyebabkan kanker.

Nenas yang kaya serat untuk mencegah sembelit dan memelihara kinerja saluran cerna. Sedangkan kalium buah nanas bermanfaat memperkecil risiko kematian akibat penyakit jantung, serangan stroke dan memperkuat tulang.

Sekalipun Anda tidak menderita sakit asam urat, ada baiknya mengkonsumsi jus nanas. Disamping menjadi minuman alami menyegarkan juga memberikan banyak manfaat untuk kesehatan, lebih dari itu dengan mengkonsumsi buah-buahan produk para petani di dalam negeri berarti ikut berpartisipasi memperkokoh perekonomian negeri tercinta ini.


Artikel terkait :

0 komentar:

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More